Manajemen Keuangan untuk Pemula Bisnis



Menjadi Pengusaha menjadikannya harus Tetap Berpenghasilan. Sementara menjadi Karyawan, dia punya Penghasilan yang Tetap (diluar Bonus, dll).

Membaca JUDUL Artikel ini, pasti bikin Anda tersenyum atau nyengir ya... ^_^
Maksudnya gimana ??!  Maksudnya gini... Banyak orang yang salah kaprah mengartikan bahwa Menjadi Pengusaha itu bisa membuat dirinya lebih sukses dan lebih kaya. Itu tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena menjadi Pengusaha tentu juga memiliki resiko gagal, artinya meskipun usahanya belum menghasilkan, ia tetap harus menghidupi karyawan dan dirinya sendiri dengan hasil usahanya.  

Menjadi karyawan pun bisa Kaya. Kok bisa ?!! Iyaa... kalo Anda menjadi karyawan yang berprestasi, pasti sangat dibutuhkan perusahaan dan diperhatikan Boss/Pimpinan. Sehingga fasilitas kerja, tunjangan-tunjangan, dan bonus prestasi, akan bermunculan dan makin meningkat.

Nah... Permasalahannya adalah, Kenapa banyak Karyawan Berprestasi juga tidak bisa menjadi kaya ??  TERNYATAAAA.... karena mereka belum pintar MENGELOLA uang.
Bukan hanya Penghasilan Tinggi yang bisa bikin kita kaya, tapi CARA MENGELOLA UANG lah yang bisa membuat kita Kaya.
Karena Kaya bukan hanya pintar ”menghasilkan” uang,  Tapi juga harus pintar ”mengelola” uang.

Siapa yang mau dan ingin tahu caranya ???  Ayoo katakan: ”SAYAAAA....!!!
Oke, begini caranya (menurut Seminar Millionare-Mindset  yang saya ikuti):

Pertama, Berkomitmen untuk Merubah SIKAP (Attitude) Anda !! Biasakan Belanja sesuatu hanya yang dibutuhkan saja !!  Bukan yang Anda inginkan, apalagi secara mendadak karena kepengeeeennn....  Iya apa iya ??!   Hehehee...
Pola (mindset) yang digunakan adalah: ”MENABUNG dulu, baru Belanja”. Bukan sebaliknya, Penghasilan kita gunakan untuk belanja dulu, setelah itu ”sisanya” baru ditabung.  HABBIT  is  More Important than Amount.  Untuk mengawali, yang terpenting adalah Terbiasa Menabung dulu, baru kita bicara nominal uang yang ditabung.

Kedua, Selalu Upgrade  PENGETAHUAN (Knowledge) Anda, dengan cara mengikuti Seminar/Training/Pelatihan.  ”Haus ilmu” itu bagus lho...  Sehingga bisa terus meningkatkan “value” yang kita miliki.

Ketiga  (yang Paling Penting nih…), Begitu Anda dapat Salary(penghasilan), langsung  di bagi menjadi 6 Rekening yang berbeda. Pembagiaannya sbb :

1.     10%  disisihkan untuk Sedekah. Dengan sedekah, kita bisa belajar ‘berbagi’ kebahagiaan bahkan membantu orang lain. Selain mendapatkan Pahala, Insya Allah Bersedekah juga bisa membuat rezeki kita terus mengalir (berkembang). The MORE you GIVE, the More You GET !!
2.     50% untuk Biaya Hidup.  Misalnya untuk kebutuhan hidup sehari-hari, makan, transport, pendidikan anak, dll.  Nah, belajarlah mengelola hidup dan sikap dari Rekening yang kedua ini. Kalo ternyata kurang banyak, artinya Anda harus putar otak untuk menambah penghasilan Anda. Supaya Biaya Hidup dapat ter-cover (tercukupi) dari menggunakan 50% penghasilan Anda.
3.     10% untuk Edukasi ‘Leher Ke Atas’Misalnya: Beli Buku, Ikut Seminar / Training / Pelatihan yang berbayar. Karena itu bisa meningkatkan “value” dan menambah penghasilan kita (jangka pendek atau jangka panjang). Kalo kita hanya membelanjakan uang untuk “leher ke bawah” (seperti beli makan/minum, pakaian, sepatu, tas, dsb) manfaat yang dirasa biasanya tidak bertahan lama, dibandingkan pengeluaran untuk Leher Ke Atas (long term).
4.     10% untuk Tabungan Impian Jangka Panjang (Long Term Saving Spending, yang nantinya 3 sampai 10 tahun ke depan akan kita gunakan). Misalnya pengen beli Motor, Mobil, rumah, atau ganti gadget canggih, beli Camera seri terbaru, atau pengen untuk modal usaha nantinya, dll.  Nah kebutuhan tersebut, baru boleh diambil dari hasil tabungan rekening yang ini.
5.     10% untuk Senang-Senang/Belajar jadi Orang Kaya (Short Term Saving Spending, yang dalam waktu 3 Bulan harus dihabiskan untuk “menghargai diri sendiri”). Misalnya untuk merencanakan travelling/wisata, atau beli barang-barang (sepatu, tas, pakaian, dsb) yang berkualitas / high class. Seringkali diantara kita menggunakan keperluan tersebutmelebihi budget dari rekening ini, hehehe….  Kalo nggak percaya, coba deh dihitung lagi pengeluaran Anda di bulan-bulan kemarin…
6.     10% untuk Tabungan Pensiun/Hari Tua (Financial Freedom Account, yang tidak boleh diambil-ambil). Rekening ini pasti akan terus bertambah setiap tahunnya.

Pola yang perlu diingat adalah : “Punya Rekening harus SELALU BERTAMBAH !!”  Bisa dalam bentuk uang, atau Aset yang Produktif !! Jangan sampai kejadian, Nabungnya hanya sekali, tapi ngambil tabungannya berkali-kali  yaa.... hehehee… :D

Demikian sharing dari saya teman-teman...
Semoga bermanfaat yaa…. ^_^


Salam,  @WennyTriSuryani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar